8 Jenis Logo Yang Paling Umum, Contoh Perusahaanya

Memahami 8 Jenis Logo dan Tren Terbaru dalam Desain, Dalam dunia desain grafis, logo adalah elemen penting yang merepresentasikan identitas visual sebuah merek atau perusahaan. Logo tidak hanya berfungsi sebagai simbol pengenalan, tetapi juga sebagai alat komunikasi yang menyampaikan nilai dan filosofi perusahaan.

Berikut ini adalah penjelasan lebih mendalam tentang delapan jenis logo yang paling umum, disertai dengan tren terbaru dalam desain logo yang dapat memberikan inspirasi bagi para desainer.

Jenis Jenis Logo yang sering digunakan

1. Monogram atau Lettermark

Monogram atau lettermark adalah logo yang menggunakan inisial dari nama perusahaan untuk menciptakan simbol yang mudah diingat. Contoh terkenal termasuk HBO, Grab, dan HP.

logo Monogram atau Lettermark

Logo ini ideal untuk perusahaan dengan nama panjang yang ingin disederhanakan menjadi bentuk yang lebih ringkas dan elegan. Tren terbaru dalam desain monogram melibatkan penggunaan ornamental monograms, yang menambahkan elemen dekoratif pada huruf untuk memberikan sentuhan ekspresif dan unik1.

2. Wordmark atau Logotype

Wordmark atau logotype adalah logo yang terdiri dari nama lengkap perusahaan yang dirancang dengan font khusus. Contoh populer termasuk Fujifilm, CNN Indonesia, Coca-Cola, dan Google. Tren desain terkini menunjukkan kecenderungan pada serif with a twist, di mana desain logo menggabungkan gaya tipografi tradisional dengan sentuhan modern1.

Wordmark atau Logotype

Aplikasi: Logo wordmark dapat digunakan sebagai ikon aplikasi seluler dengan tipografi yang dioptimalkan untuk berbagai ukuran layar. Di media sosial, logo wordmark dapat digunakan sebagai header banner dan elemen grafis dalam postingan untuk memperkuat branding.

3. Logo Pictorial

Logo pictorial menggunakan simbol atau ikon yang mewakili perusahaan, seperti Apple, Twitter, Shell, dan Traveloka. Tren desain logo pictorial saat ini adalah outer and inner space, yang bermain dengan ruang negatif untuk menciptakan struktur yang menarik dan minimalis1.

logo pictorial

Aplikasi: Logo pictorial sangat cocok untuk ikon aplikasi seluler karena kesederhanaannya dan mudah diingat. Di media sosial, logo pictorial dapat digunakan sebagai avatar profil, favicon, dan elemen grafis dalam postingan untuk meningkatkan brand awareness.

4. Logo Abstrak

Logo abstrak menggunakan bentuk geometris untuk menyampaikan makna atau emosi tertentu. Merek seperti AirBNB, Nike, Pepsi, dan Huawei telah berhasil menggunakan logo abstrak. Tren yang sedang berkembang adalah scribbles and sketches, yang memberikan kesan tak sempurna dan nostalgia1.

logo abstrak

5. Maskot

Maskot adalah karakter bergambar yang sering digunakan dalam logo untuk menciptakan juru bicara merek. Contoh termasuk maskot HokBen, KFC, MetaMask, dan Tokopedia. Maskot cenderung menarik bagi bisnis yang ingin menciptakan suasana ramah dan menyenangkan.

logo maskot

Aplikasi: Maskot dapat menjadi bintang dalam video promosi aplikasi seluler, menarik perhatian pengguna dan membangun hubungan emosional. Di media sosial, maskot dapat digunakan sebagai persona merek yang berinteraksi dengan pengikut, meningkatkan engagement dan membangun komunitas.

6. Logo Kombinasi

Logo kombinasi menggabungkan elemen wordmark atau lettermark dengan simbol atau maskot. Contoh termasuk Doritos, Dove, Burger King, Jasalogoid dan Lacoste. Tren terbaru adalah lay it on, di mana elemen desain berlapis bergabung untuk menghasilkan efek dinamis1.

logo kombinasi

7. Logo Emblem

Emblem adalah logo yang menggabungkan nama bisnis dengan simbol atau ikon dalam bentuk lencana atau lambang. Contoh emblem termasuk Unika Atma Jaya, Starbucks, Harley-Davidson, dan BMW. Desain emblem cenderung lebih tradisional dan formal.

logo emblem

Aplikasi: Logo emblem dapat digunakan sebagai ikon aplikasi seluler untuk memberikan kesan premium dan berkelas. Di media sosial, logo emblem dapat digunakan sebagai elemen grafis dalam postingan dan banner untuk meningkatkan kredibilitas merek.

8. Logo Dinamis

Logo dinamis adalah logo yang dapat berubah sesuai dengan konteks penggunaannya. Contoh logo dinamis termasuk FedEx, Nickelodeon, AOL, dan Google. Tren ini sangat cocok untuk bisnis yang ingin menyesuaikan logo mereka dengan berbagai skenario penggunaan.

logo dinamis

Dengan memahami berbagai jenis logo dan tren desain terkini, desainer dapat menciptakan logo yang tidak hanya estetis tetapi juga fungsional dan relevan dengan kebutuhan merek atau perusahaan. Penting bagi desainer untuk terus mengikuti perkembangan tren agar dapat menghasilkan desain yang segar dan menarik bagi klien mereka.

Ringkasan singkat tentang pentingnya memilih jenis logo yang sesuai dengan identitas perusahaan atau merek, serta mengapa pemahaman tentang jenis-jenis logo sangatlah penting dalam proses desain logo.

Dengan menggunakan sumber-sumber tambahan dari jenis-jenis logo ( https://jasalogo.id/artikel/jenis-jenis-desain-logo/,) artikel ini menjadi lebih lengkap dan memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai jenis-jenis logo serta relevansinya dalam dunia bisnis dan desain.

dapatkan jasa desain logo berkualitas yang mampu mempresentasikan nilai dari visi misi perusahaan hanya di jasagrafis.id. terima kasih sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Source: Conversation with Bing and google, 5/12/2024
(1) 15 Tren Logo 2023, Desainer Grafis Wajib Tahu – Sekolah Desain. https://blog.sekolahdesain.id/15-tren-logo-2023-desainer-grafis/.
(2) 8 Jenis Logo yang Wajib Kamu Ketahui di Tahun 2024 – ApriDesain Blog. https://www.apridesain.id/blog/mengenal-jenis-jenis-logo/.
(3) Macam-Macam Jenis Desain Logo Yang WAJIB Diketahui dan Contohnya. https://www.tutoriduan.com/2020/11/macam-macam-jenis-desain-logo-yang.html.
(4) 8 Jenis Logo Yang Harus Anda Ketahui – Zarla. https://www.zarla.com/id/panduan/jenis-jenis-logo.
(5) Getty Images. https://www.gettyimages.com/detail/photo/collection-of-round-popular-social-media-black-royalty-free-image/660687774.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *